Saya suka sekali mencoba bermacam-macam window manager (wm), tapi hal yang paling menyebalkan dari mencoba wm baru adalah saya harus mengatur kembali keybinding yang biasa saya gunakan di wm baru tersebut. Padahal setiap wm memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengatur keybindingnya. Saya ingin memastikan bahwa keybinding saya di setiap wm tidak jauh berbeda tanpa harus susah – susah mengatur kembali keybinding di wm yang baru saya coba, solusinya adalah sxhkd.

Sxhkd atau simple X hotkey daemon adalah sebuah daemon yang menangkap keyboard events untuk mengeksekusi sebuah perintah. Penjelasan mudahnya, sxhkd bisa disebut sebagai keybinding manager. Dengan sxhkd, saya tidak repot-repot mengatur keybinding lagi. Saya hanya tinggal mengatur keybinding di sxhkd lalu menjalankannya saat saya login ke wm yang ingin saya coba.

Memasang Sxhkd

Memasang sxhkd cukuplah mudah karena tersedia di banyak distribusi linux.

Debian dan turunannya

sudo apt install sxhkd

Fedora

sudo dnf install sxhkd

Menkonfigurasi Sxhkd

Pertama kita buat dulu file konfigurasinya dengan menggunakan perintah berikut ini

mkdir -p ~/.config/sxhkd
touch ~/.config/sxhkd/sxhkdrc

Setelah itu, buka file konfigurasi tersebut dengan text editor favorit kalian. Di sini, saya akan menggunakan neovim

Lalu saya ingin membuka thunar (filemanager) dengan kombinasi keyboard Windows(super)+Shift+t, maka tinggal masukan saja konfigurasinya seperti gambar di bawah ini. Kalian bisa melihat contoh konfigurasi lengkapnya di repository githubnya.

 

Membuat Autostart

Dan langkah terakhir adalah kita harus membuat autostart agar sxhkd bisa berjalan saat kita login di wm apapun. Untuk membuat autostart, buatlah file sxhkd.desktop di folder ~/.config/autostart.

Buka file tersebut dan tempelkan konfigurasi berikut ini:

[Desktop Entry]
Encoding=UTF-8
Version=0.9.4
Type=Application
Name=sxhkd
Comment=
Exec=sxhkd
StartupNotify=false
Terminal=false
Hidden=false

Oh ya! Kalian perlu login kembali untuk bisa mengaktifkan sxhkd.
Sekian, Terima kasih telah membaca artikel saya. Semoga bermanfaat

Lisensi: CC BY Ghani Rafif