Tools utama yang wajib digunakan dalam membuat dan mengembangkan aplikasi Android, yaitu Android Studio dan Android SDK.

Salah satu Bahasa yang bisa digunakan untuk development Android adalah Java. Selain Java ada beberapa Bahasa lain yang bisa digunakan seperti C/C++, Go, dan pada Bulan Mei 2017 Google resmi di support bahasa pemrograman Kotlin. 

Pada 2016, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia. Selain itu, Java juga merupakan bahasa resmi untuk membuat aplikasi Android.

Biasanya muncul pertanyaan apakah JRE cukup? Tidak, JRE adalah Java Runtime Environment yang berfungsi sebagai Virtual Machine untuk menjalankan program Java. Sedangkan JDK merupakan Java SE Development Kit, di mana JRE juga ada di dalamnya. Dan yang lebih penting adalah di dalamnya terdapat compiler dan tools untuk membuat dan compile program. Sederhananya JRE untuk menjalankan program, JDK untuk membuat program.

Android Studio

Android Studio di release 16 May 2013 pada Google IO. Android Studio adalah Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA . Selain merupakan editor code IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan lebih banyak fitur. Gunanya untuk meningkatkan produktivitas saat membuat aplikasi Android, misalnya:

  1. Sistem versi berbasis Gradle yang fleksibel
  2. Emulator yang cepat dan kaya fitur
  3. Lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android
  4. Instant Run untuk mendorong perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa membuat APK baru
  5. Template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode contoh
  6. Alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif
  7. Alat Lint untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah-masalah lain
  8. Dukungan C++ dan NDK
  9. Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, mempermudah pengintegrasian Google Cloud Messaging dan App Engine.

Persyaratan System

Android SDK

Android Software Development Kit (SDK) merupakan kit yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android. Di dalamnya, terdapat beberapa tools seperti debugger, software libraries, emulator, dokumentasi, sample code dan tutorial.

Java SE Development kit adalah salah satu contoh Android SDK dan menjadi bahasa pemrograman yang paling sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android. Di samping itu ada beberapa bahasa lainnya seperti C++, Go, dan Kotlin -bahasa yang ditetapkan Google pada tahun 2017 lalu.