Sejarah Komunitas Linux UPN “Veteran” Jawa Timur

Sebelum KoLU berdiri, berdirilah KSL (Kelompok Study Linux) yang didirikan oleh HIMATIFA (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) 2005/2006, tapi karena belum adanya sekretariat KSL dan kurangnya sumber daya manusia yang berminat terhadap Linux maka KSL tidak berjalan dengan semestinya.

Ruangan riset Komunitas Linux sempat disediakan oleh ketua jurusan Teknik Informatika, kala itu Bpk. H. Ir. Akhmad Fauzi M.MT. ini merupakan janji beliau pada kepengurusan HIMATIFA 2005/2006 yaitu diruangan Lab Komputing, akan tetapi setelah sekian lama Informatika semakin berkembang maka ruangan Lab tersebut dijadikan ruangan Dosen karena ruangan untuk dosen Teknik Informatika pada waktu itu sangat kurang. Setelah kehilangan ruangan, riset Linux sempat berhenti (vakum), memang tanpa ruangan dan fasilitas riset sangat sulit dilakukan.

Merasa kelompok Linux sangat dibutuhkan mahasiswa teknik informatika khususnya untuk perkembangan open source di UPN “Veteran” Jawa Timur, apalagi ada seruan dari pemerintah untuk Indonesian Go Open Source (IGOS), maka banyak pemikiran untuk mendirikan komunitas Linux, ide ini dari Moch. Ginanjar, Yusfi Helmi, Rahadia Wiyoshastono, Lahir Wisada, Andi Baskoro, Bpk. Abdullah Fadil (Administrator PUSKOM UPN “Veteran” Jawa Timur). Komunitas perlu didirikan dengan anggapan komunitas akan lebih maju dibandingkan dengan kelompok study. Ketika kita punya keinginan berusahalah untuk mencapai keinginan tersebut maka keinginan itu akan terwujud, keyakinan ini dipegang teguh oleh Moch. Ginanjar dengan berusaha bekerja sama dengan jurusan dan Fakultas Teknologi Industri untuk bisa mendapatkan ruangan riset, akhirnya perjuangan menapatkan hasil dengan bantuan dari HIMATIFA 2006/2007 dibangunlah ruangan untuk sekretariat Komunitas Linux di lantai 2 gedung Giri Santika.

Arti dari Nama KoLU

Melalui pertimbangan yang matang dan mendalam nama KoLU diberikan oleh Moch. Ginanjar yang berasal dari bahasa jawa yang artinya “mau/ingin”, karena sistem operasi Linux banyak yang “gak kolu” (ga mau), maka komunitas ini bermaksud membuat khususnya mahasiswa teknik informatika UPN, kolu (mau) terhadap linux dan juga masyarakat pada umumnya.

KoLU diresmikan pada 03 Januari 2007 yaitu pada rapat koordinasi pertama yang diadakan diruang sekretariat HIMATIFA dan langsung diketuai oleh Moch. Ginanjar dengan wakil Megawati.